15 November 2010

knape aku Insomnia lg ????


           

 argghh.....huhuhu...;=(((
pakar cakap insomnia/gangguan tido ni trjadi 
sbb kite tension.../stress....
tapi aku...
tension sbb insomnia....
dh bnyak haryy xley tdo...



dak kcik ni tdo bestt jee


dik !!!! akak nk tnya ni....
ape petua adik leh tdo nyenyek cmni???


smpai kuar i liur basi...


akak xpnah tdo kuar i liur basi dik....
hehhehee
  



Apakah itu insomnia ?

  •  Insomnia adalah gejala utama berhubung gangguan (sleep disorder).


Antara gejala insomnia adalah :
  •  sukar untuk memulakan tidur ·
  •  sering terjaga dari tidur di malam hari dan sukar untuk tidur semula · 
  • bangun terlalu awal pada waktu pagi ·
  •  tidak rasa segar bila bangkit dari tidur.


Simptom
  • Rasa mengantuk di siang hari 
  •  ketidakupayaan berfungsi dengan cekap di waktu siang
  •  mudah tersinggung dan marah, kemurungan,
  •  sering hilang tumpuan dan dalam kes-kes tertentu, t
  • tertidur semasa bekerja, makan, berbual atau memandu.




Jenis-jenis insomnia : ·

  •  Insomnia sementara. :::Mengalami masalah tidur kurang daripada satu minggu. Antara sebab-sebab insomnia ini termasuk bekerja mengikut syif dan tekanan perasaan. ·

  •  Insomnia jangka pendek :: Mengalami masalah tidur selama sebulan. Antara sebab-sebabnya termasuk perubahan persekitaran seperti dirawat di hospital, pertukaran kerja atau tempat kerja, masalah keluarga dan masalah kesihatan. · 


  • Insomnia kronik. Merupakan gangguan serius yang dialami lebih daripada sebulan. Mengikut kajian, lebih kurang 1/3 hingga 2/3 pesakit yang mengalami insomnia kronik mengalami masalah mental.



Cara mengatasi insomnia
1. Olahraga teratur
Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Kurangi konsumsi kaffein
Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. Bila Anda ingin mengkonsumsinya, lakukanlah di pagi hari, atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.

3. Perhatikan waktu makan
Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.

Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.

4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.

Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang, pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.

5. Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur
Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser, mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

6. Tempat tidur hanya untuk tidur
Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur, 'alarm' di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

7. Jernihkan pikiran
Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

8. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur
Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

4 comments:

  1. hahhaa...masalhnye tension ngn insomnia lorrr..;===(((((((((

    ReplyDelete
  2. huk22..gelak plak...mls nk mgembara ke bilik ko mncari susu dutclady....huk22

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...